Sejarah Ragnarok Online di Indonesia


ABOUT RAGNAROK ONLINE



Ragnarok online adalah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik terkenal berjudul ‘Ragnarok’ yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin. Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya.
History
Berawal dengan 2 server: Chaos dan Loki. Awalnya pemain dapat bermain secara gratis, barulah setelah update beberapa episode sistem berbayar diterapkan dengan biaya Rp 65.000 / bulan.
Chaos
Pemain Chaos lebih banyak dari Loki, mungkin karena posisi pemilihan server yang berada pada pilihan pertama. Rekor pemain Chaos saat itu mencapai lebih dari 10.000.
Loki
Server ini keluar berbarengan dengan Chaos. Rekor pemain Loki sekitar 8.000. Disinilah masa keemasan RO. Dengan total pemain sekitar 18.000, semuanya adalah orang, bukan bot, coba kalikan 18.000 dengan Rp 65.000, lihat penghasilan Lyto perbulan.
Sakray
Server Test untuk percobaan implementasi patch baru. Exp dan drop rate Sakray 3x lipat. Belakangan server Sakray ditutup mungkin untuk menghemat operasional. Akibatnya patch langsung diimplemen pada server real menyebabkan banyak masalah seperti bug, dll.
Iris
Karena sudah overloadnya Chaos dan Loki, maka dibukalah server baru Iris. Jumlah pemain server ini sekitar 3.000. Seharusnya posisi server ini ditempatkan di posisi pertama agar pemain baru masuk ke Iris, bukan Chaos.
Fenrir
Ini merupakan awal blunder Lyto, Iris masih sepi, sudah buka lagi server baru Fenrir. Akibatnya konsentrasi pemain menjadi terpecah. Jumlah pemain server ini sekitar 3.000.
Freya = Iris + Fenrir
Menyadari kesalahan dan untuk mengefisiensikan operasional, server Iris dan Fenrir digabung menjadi Freya. Dengan penggabungan ini komunitas Freya menjadi lebih hidup dan cukup ramai dengan berkumpulnya pemain Iris dan Fenrir.
Fun and Chat
Fun and Chat menjadi sejarah baru RO yang dulunya berbayar, diganti dengan sistem gratis dan Item Mall dan nama server yang unik tidak seperti yang lainnya. Fun and Chat dibuka pada 22 Agustus 2007 dengan konsep no bot allowed (awalnya saja), fun, dan chatting. Banyak pemain yang pensiun kembali bermain karena gratis. Sebagian juga pemain yang pensiun gara-gara bot.
Server ini mencatat rekor baru dengan pemain menembus 10.000. Di Fun and Chat exp 2x lipat selamanya, sedangkan drop rate hanya 50%. Untuk menempa dengan batas aman seperti server berbayar harus menggunakan Enriched Elunium dan Enriched Oridecon di Item Mall. Death Penalty di Fun and Chat adalah 5%. Disamping itu jika mati dengan menggunakan equip yang bukan dari Item Mall ada kemungkinan drop. Segala jenis teleport didisable memaksa pemain harus beli Giant Fly Wing jika ingin selamat dari BDB iseng.
Legend
Suksesnya Fun and Chat membuat Lyto semangat untuk buka server gratis lagi. Apalagi saat itu Fun and Chat sudah overload. Namun sayangnya kesalahan yang sama seperti Iris, tidak diletak pada pilihan server pertama membuat distribusi pemain tidak merata lagi.
Thor = Chaos + Loki + Freya
Popularitas server gratis naik menggeser server berbayar. Banyaknya pemain yang pindah keserver gratis membuat Chaos, Loki, dan Freya menjadi sepi. Akhirnya Lyto memutuskan untuk menggabungkan ketiga server ini menjadi Thor pada 9 Oktober 2007. Walaupun pada akhirnya jumlah pemain semakin berkurang juga hanya sisa sekitar 2.000.
PVP
Server PVP merupakan sistem yang berbeda dengan server lainnya dimana server ini mengallow player kill (PK). PVP dibuka pada 24 Oktober 2007. Di PVP pemain dengan level di atas 50 bisa membunuh pemain lain di field dan dungeon. Sebenarnya PVP cocok untuk pemain yang suka bacot di room PVP server lain, namun ternyata mental mereka hanya sebatas megaphone, server ini sepi. Apalagi pemain yang kalah bersaing dengan pemain lainnya menjadi pensiun.
Heroes
Disaat Legend sedang berkembang, Lyto kembali melakukan blunder seperti Fenrir dulu, membuka server Heroes terlalu cepat. Akibatnya server ini sangat sepi. Heroes dibuka tanggal 26 Agustus 2008.
Legend = Legend + PVP
PVP tidak dapat bertahan dan menjadi salah satu server yang umurnya paling pendek. Akhirnya digabung ke Legend pada 15 Juli 2009.
Fun and Chat = Fun and Chat + Legend + Heroes
Menyadari kesalahan Legend tidak penuh dan Heroes sepi. Akhirnya Lyto menggabungkan kedua server itu ke Fun and Chat pada 17 Februari 2010.
Free Thor
Melihat server gratis lebih disukai, dan Thor yang semakin redup, Lyto memutuskan untuk menggratiskan Thor dengan harapan pemain bisa ramai kembali. Akhirnya sistem berbayar Thor diganti menjadi gratis pada 31 Juli 2013.
Rebirth
Anehnya dengan jumlah pemain yang semakin menurun dan server yang sudah digabung-gabung, Lyto kembali membuka server gratis baru Rebirth. Dan hasilnya server ini sepi.
Midgard = Rebirth + Free Thor + Fun and Chat
Melihat jumlah pemain Thor dan Rebirth yang sangat sedikit, sudah dapat diprediksi kedua server ini akan digabung, atau digabungkan dengan Fun and Chat. Akhirnya ketiga server ini digabung dengan nama Midgard. Penggabungan ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Pada WOE pertama cukup ramai, dan komunitas server terlihat lebih hidup. Jumlah pemain 8.000.
Pemain lama (Free Thor) yang seharusnya diprioritaskan malah nick dan guildnya ditambah akhirnya _TH. Sedangkan Fun and Chat dengan akhiran _FN. Hal ini karena Rebirth menjadi basenya. Terlihat Lyto tidak mengerti tentang prioritas player dan hanya mementingkan kesederhaaan migrasi semata.
Asgard
Sudah bagus Midgard digabungkan dan menjadi ramai, belum genap umur Midgard sebulan Lyto melakukan blunder dengan membuka server Asgard. Asgard menggunakan sistem 3x exp dan 3x drop rate, semua equip dan card bisa drop dari monster dan MVP. Bisa dilihat Lyto berupaya untuk mengulang sukses Fun and Chat tapi tanpa slogan no bot allowed. Lyto berupaya menarik pemain dari private server karena banyaknya komentar private server lebih bagus daripada official. Banyak pemain anti bot bermain di sini, dan banyak yang berasal dari private server.
Awalnya jumlah pemain bertambah dengan cepat lebih dari 1.000. Namun belakangan banyak masalah, bot masih masuk, pemain yang kalah bersaing dengan bot pensiun.
Server RO Lyto resmi ditutup pada 13 Desember 2016. Kemudian berganti nama menjadi Gravindo. Server Midgard dan Asgard dijanjikan akan dimigrasikan ke Gravindo paling lambat 3 bulan setelah peluncuran server klasik. Namun sampai Mei 2017 masih tidak ada kabar.
Saat jadwalnya migrasi, Gravindo malah buka server baru Loki ditengah masalah banyaknya bot pada server Chaos yang membuat pemain marah. Pada gathering ke 6 disebutkan akan dimigrasikan pada Juli 2017, telat 2 bulan.
Pada akhir minggu terakhir Juli 2017 jadwal migrasi, migrasi kembali diundur 2 minggu jadi 8 Agustus 2017. Gravindo malah menyelipkan jadwal WOE server mati Loki. Server RO Lyto tutup selama 8 1/2 bulan.
Gravindo
Gravindo yang merupakan joint venture Lyto dengan Gravity. Meskipun namanya joint venture, namun sama sekali tidak ada “rasa” Gravity, sangat berbeda jauh dengan iRO. Sebenarnya Gravindo hanyalah strategi Lyto untuk membersihkan nama baik dalam rangka meluncurkan server klasik.
Chaos
Server Chaos merupakan server pertama Gravindo yang open beta pada 8 Februari 2017. Server Chaos menggunakan sistem klasik. Pada awal pembukaan antusias pemain sangat tinggi, jumlah pemain mencapai 24.000. Setelah beberapa hari relatif stabil di 18.000, kemungkinan karena 6.000 pemain hanya sekedar online iseng bernostalgia.
Kemudian masalah mulai menyerang. Slogan no bot dan third party program mulai tidak berlaku. Pelayanan yang buruk karena keluhan tidak direspon. Bahkan customer servicenya menyerang balik pemain. Jumlah pemain berangsur turun ke 15.000 karena pemain yang pensiun karena kalah bersaing dengan bot.
Di tengah masalah bot, Gravindo kembali melakukan blunder, buka server baru Loki. Hal ini membuat pemain marah karena urus 1 server saja tidak becus mau buka server baru. Jumlah pemain langsung turun ke 12.000. Gravindo kehilangan 3.000 pemain karena pengumuman server baru loki. Gravindo tetap ngotot mengeluarkan server baru Loki meskipun hasil voting ditolak 85% pemain. Melihat respon negatif dari pemain, Gravindo pun langsung mengeluarkan poin nama char dan guild tidak bisa sama dengan Chaos. Kemungkinan ini merupakan plan B Gravindo apabila banyak penolakan dari pemain. Jadi sudah persiapkan untuk merger.


Pada gathering ke 6 Gravindo mengeluarkan statement blunder: bot tidak dilarang asal resiko ditanggung sendiri. Hal ini sontak membuat pemain geram dan sebanyak 2.000 pemain pensiun. Jumlah pemain turun ke 10.000.
Dari titik ini jumlah pemain berangsur turun 9.000, 7.000, 5.000. Sementara itu jumlah bot bertambah signifikan. Sehingga total jumlah pemain tetap 10.000.
Loki
Server Loki dibuka pada 23 Mei 2017. Hari pertama Loki buka jumlah pemain Loki lebih banyak daripada Chaos. Hal ini karena pemain yang login hanya untuk mengikuti event sampai level 30 atau hanya sekedar lihat-lihat. Kemungkinan server Loki hanya akan hidup sampai event selesai 20 Juni 2017. Namun kenyataannya malah jauh lebih cepat. Jumlah pemain server Loki sudah drop ke 2.000 pada 28 Mei 2017 menjadikan server Loki umurnya hanya 5 hari.
Source : http://www.ragnarokonline.org/

Komentar

Postingan Populer